Jumat, 25 Oktober 2013

Gangguan rasa takut

Saat manusia pertama kali ada sebagai benih dalam rahim dia hanya dibekali 2 rasa takut : takut jatuh dan takut suara (sangat) keras. Rasa takut ini diperlukan untuk melindungi diri (self defense).
Lalu setelah lahir dan tumbuh menjadi manusia dewasa rasa takut itu ada banyak sekali.

Semua rasa takut itu diperoleh dari "luar" diri manusia yang diterima baik melalui pengalaman maupun sengaja dipelajari atau dicopy dari orang lain.


Akhir2 ini saya melayani sangat banyak orang yang ingin bebas dari rasa takutnya dan rata-rata gangguan rasa takut itu sudah dialaminya selama bertahun-tahun. Mengapa sampai begitu lama ?
  • Kebanyakan penderita menyembunyikan masalahnya karena malu, jika cerita malah mendapat penilaian negatif
  • Banyak yang sudah mencoba berbagai cara tapi belum berhasil
  • Penderita menjadi terlalu takut kalau-kalau dia tidak akan bisa sembuh. Ketakutan akan keadaannya ini justru menjadi penghalang dirinya sembuh.
Ada juga sebagian penderita gangguan rasa takut ini  yang :
  • Menyepelekan masalah dan menunda-nunda untuk mencari solusi
  • Malas dan apatis untuk pulih atau sembuh
Kelompok terakhir adalah penderita yang justru tidak mau sembuh dan malah "menikmati" kondisi nya yang semakin jauh dari normal.

Rasa takut itu muncul karena suatu sebab dan karena disimpan kemudian berakumulasi dengan pengalaman takut yang serupa. Bahayanya adalah jika didiamkan maka seperti sel kanker, gangguan rasa takut akan semakin kuat dan obyek yang ditakuti akan semakin banyak.
Orang lain melihat penderita semakin menjauh dari kondisi normalnya.

Hypnotherapy adalah teknik yang powerfull untuk menyelesaikan rasa takut itu dan mengakhirinya.